Resume Kelompok 1

Arti Penting Organisasi dalam Masyarakat


Dari hasil peresentasi kelompok 1 yang saya tangkap yaitu, bahwa suatu organisasi sangatlah penting dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini dikarenakan pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang hidup sangat bergantung pada yang lainnya. Maka dari itu organisasi sangat penting, karena dalam organisasi itu setiap orang akan berinteraksi sehingga menimbulkan percakapan dan tindakan.



Organisasi adalah kumpulan orang orang yang memiliki suatu tujuan yang sama. Contoh organisasi dalam kehidupan bermasyarakat adalah karang taruna.



Organisasi terbagi menjadi 2 macam, yakni provit dan nonprovit. Organisasi provit ini maksudnya yaitu organisasi yang didirikan karena untuk uang. Contohnya adalah PT, CV, Firma. Misalnya saja PT(perseroan terbatas), PT biasanya menghasilkan suatu barang jadi/bahan mentah yang nantinya akan dijual lagi dan menghasilkan uang yang berujung laba. Nah itulah yang dimaksud contoh organisasi provit.

Organisasi nonprovit maksudnya adalah organisasi yang didirikan semata mata memang karena untuk tempat berdiskusi untuk mencapai tujuan yang sama tanpa mengharapkan hasilnya materi atau uang. Contohnya adalah politik. Namun, akhir akhir ini politik seringkali disalahgunakan, sehingga organisasi ini terlihat seperti organisasi provit yang memang bertujuan untuk uang.


Kesimpulan yang saya dapat yaitu, organisasi dalam masyarakat sangat penting karena dari organisasi itu kita dapat lebih berinteraksi terhadap sesama dalam suatu ekosistem.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar