Paragraf

Paragraf Deskripsi : paragraf yang berisi gambaran mengenai suatu hal/keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal tersebut.

contohnya :
Jogjakarta
     Pada saat liburan semester kemarin, saya dan teman-teman memilih untuk berlibur ke Jogja. Nah, disana kami sempat mengunjungi Pantai Ketawang. Memang masih sangat sepi, karena pantai itu sempat menjadi
tempat tambang pasir besi. Jalan yang kita lalui untuk kesana cukup berat, karena jalan yang berpasir dan di kanan kiri jalan masih terdapat ilalang -ilalang yang cukup tinggi. Tidak jauh dari pintu masuk pantai itu pun hanya terdapat 1 kedai kecil. Beberapa meter dari pantai itu terdapat saung-saung kecil yang sudah rusak. Apabila kita melihat ke belakang kita, bisa terlihat bunga-bunga yang tumbuh disekitar pantai. Di pinggiran pantainya terdapat banyak batu dan karang-karang kecil disana.

Paragraf Narasimerupakan salah satu jenis paragraf yang mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa berdasarkan urutan waktu. Paragraf narasi terdiri atas narasi kejadian dan narasi runtut cerita.
contohnya :
Jogjakarta
     Pada saat liburan semester kemarin, saya beserta ke- 7 teman saya, Jawa, Ervi, Lala, Apin, Kemas, Rijja, dan Rizky berlibur ke Jogjakarta. Kami berangkat dengan kereta api dari Stasiun Pasar Senen Jakarta pada pukul 19.00 WIB. Di dalam kereta, kami bercanda gurau sampai akhirnya tertidur lelap dan tidak terasa kereta api telah memasuki Stasiun Kutoharjo pada pukul 04.00 WIB. Kami memang sengaja turun di stasiun itu karena jarak kami menginap sangat dekat. Kami sengaja menginap di rumah saudara Rizky untuk menghemat biaya pengeluaran. Siang harinya, kami tidak membuang waktu liburan waktu kami, kami langsung beranjak untuk pergi ke Pantai Ketawang. Keesokan harinya, kami juga pergi mengunjungi Candi Borobudur, Malioboro, Alun-alun, sampai Bukit Bintang. Tidak terasa 3 hari sudah kami berada di Jogja. Kami pun akhirnya kembali menuju Jakarta. Sungguh Jogjakarta kota yang sangat mengasyikan, dimana terdapat banyak cerita, kenangan. dan cinta.