Resume Kelompok 3

Proses yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan

Mengulang apa yang telah dipresentasikan oleh kelompok 2 pada minggu lalu, bahwa organisasi tidak luput dari suatu masalah, dan masalah itu disebabkan oleh 2 faktor, yakni faktor internal yang penyebabnya dari anggota dalam organisasi, dan faktor eksternal yang penyebabnya dari pihak lar yang mempengaruhi pihak dalam. Banyak sekali faktor yang menyebabkan suatu masalah itu membesar dan serius.

Seperti yang telah kita ketahui, struktur tingkatan fungsi menejemen diibaratkan seperti sebuah piramida :






1. TOP LEVEL : dimana menempati puncak paling atas, fungsinya adalah sebagai pihak-pihak yang mengambil keputusan dalaam jangka panjang dalam sebuah perencanaan strategis.
2. MIDDLE LEVEL : menempati puncak kedua yang berfungsi sebagai menentukan perencanaan taktis dalam waktu jangka pendek dan juga sebagai pihak yang melanjutkan (connector) untuk menyampaikan pesan apabila terdapat sesuatu dari pihak LOW LEVEL ke TOP LEVEL.
3. LOW LEVEL : menempati puncak terbawah dalam tingkatan manajemen , fungsinya adalah menjalankan kegiatan operasional sehari-hari.

Nah, sebaiknya dalam pengambilan keputusan itu tidak terpaku hanya dengan satu orang atau keegoisan masing-masing individu, alangkah baiknya jika pengambilan keputusan secara mufakat. 

Kesimpulan yang saya peroleh dari presentase kelompok kali ini, bahwa sebenarnya proses yang sangat mempengaruhi pengambilan keputusan adalah :
1. Pemimpin : karena dia yang memimpin organisasi
2. Metode  : metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan contohnya voting
3. Anggota : yakni orang orang yang berada di dalamnya.
Hal ini agar dalam suatu organisasi dapat berjalan lancar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar