Bagaimana sih kriteria Manager Proyek yang baik?
Manager adalah orang atau seseorang yang harus mampu
membuat orang-orang dalam organisasi yang berbagai karakteristik, latar
belakang budaya, akan tetapi memiliki ciri yang sesuai dengan tujuan (goals)
dan teknologi (technology).
Dan tugas seorang manager adalah bagaimana
mengintegrasikan berbagai macam variabel (karakteristik, budaya, pendidikan dan
lain sebagainya) kedalam suatu tujuan organisasi yang sama dengan cara
melakukan mekanisme penyesuaian.
Adapun mekanisme yang diperlukan
untuk menyatukan variabel diatas adalah
sebagai berikut:Adapun mekanisme yang diperlukan
·
Pengarahan (direction) yang
mencakup pembuatan keputusan, kebijaksanaan, supervisi, dan lain-lain.
·
Rancangan organisasi dan
pekerjaan.
·
Seleksi, pelatihan, penilaian,
dan pengembangan.
·
Sistem komunikasi dan
pengendalian.
·
Sistem reward.
Hal tersebut memang tidak mengherankan karena
posisi Manajer Proyek memegang peranan kritis dalam keberhasilan sebuah proyek
terutama di bidang teknologi informasi. Berikut ini kualifikasi teknis maupun
nonteknis yang harus dipenuhi seorang Manajer Proyek yang saya sarikan dari IT
Project Management Handbook.
Karakteristik
yang dapat digunakan untuk
mengukur tingkat kualifikasi seseorang untuk menjadi Manajer Proyek yaitu:
·
Karakter Pribadinya
·
Karakteristik Kemampuan Terkait
dengan Proyek yang Dikelola
·
Karakteristik Kemampuan Terkait
dengan Tim yang Dipimpin
Karakter Pribadinya
- Memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai teknis pekerjaan
dari proyek yang dikelola olehnya.
- Mampu bertindak sebagai seorang pengambil keputusan yang
handal dan bertanggung jawab.
- Memiliki integritas diri yang baik namun tetap mampu
menghadirkan suasana yang mendukung di lingkungan tempat dia bekerja.
- Asertif
- Memiliki pengalaman dan keahlian yang memadai dalam mengelola
waktu dan manusia.
Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Proyek
yang Dikelola
- Memiliki komitmen yang kuat dalam meraih tujuan dan
keberhasilan proyek dalam jadwal, anggaran dan prosedur yang dibuat.
- Pelaksanakan seluruh proses pengembangan proyek IT sesuai
dengan anggaran dan waktu yang dapat memuaskan para pengguna/klien.
- Pernah terlibat dalam proyek yang sejenis.
- Mampu mengendalikan hasil-hasil proyek dengan melakukan
pengukuran dan evaluasi kinerja yang disesuaikan dengan standar dan tujuan
yang ingin dicapai dari proyek yang dilaksanakan.
- Membuat dan melakukan rencana darurat untuk mengantisipasi
hal-hal maupun masalah tak terduga.
- Membuat dan menerapkan keputusan terkait dengan perencanaan.
- Memiliki kemauan untuk mendefinisikan ulang tujuan, tanggung
jawab dan jadwal selama hal tersebut ditujukan untuk mengembalikan arah
tujuan dari pelaksanaan proyek jika terjadi jadwal maupun anggaran yang
meleset.
- Membangun dan menyesuaikan kegiatan dengan prioritas yang ada
serta tenggat waktu yang ditentukan sebelumnya.
- Memiliki kematangan yang tinggi dalam perencanaan yang baik
dalam upaya mengurangi tekanan dan stres sehingga dapat meningkatkan
produktifitas kerja tim.
- Mampu membuat perencanaan dalam jangka panjang dan jangka
pendek.
Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Tim
yang Dipimpin
- Memiliki kemampuan dan keahlian berkomunikasi serta
manajerial.
- Mampu menyusun rencana, mengorganisasi, memimpin, memotivasi
serta mendelegasikan tugas secara bertanggung jawab kepada setiap anggota
tim.
- Menghormati para anggota tim kerjanya serta mendapat
kepercayaan dan penghormatan dari mereka.
- Berbagi sukses dengan seluruh anggota tim.
- Mampu menempatkan orang yang tepat di posisi yang sesuai.
- Memberikan apresiasi yang baik kepada para anggota tim yang
bekerja dengan baik.
- Mampu mempengaruhi pihak-pihak lain yang terkait dengan
proyek yang dipimpinnya untuk menerima pendapat-pendapatnya serta
melaksanakan rencana-rencana yang disusunnya.
- Mendelegasikan tugas-tugas namun tetap melakukan pengendalian
melekat.
- Memiliki kepercayaan yang tinggi kepada para profesional
terlatih untuk menerima pekerjaan-pekerjaan yang didelegasikan darinya.
- Menjadikan dirinya sebagai bagian yang terintegrasi dengan
tim yang dipimpinnya.
- Mampu membangun kedisiplinan secara struktural.
- Mampu mengidentifikasi kelebihan-kelebihan dari masing-masing
anggota tim serta memanfaatkannya sebagai kekuatan individual.
- Mendayagunakan setiap elemen pekerjaan untuk menstimulasi
rasa hormat dari para personil yang terlibat dan mengembangkan sisi
profesionalisme mereka.
- Menyediakan sedikit waktu untuk menerima setiap ide yang
dapat meningkatkan kematangan serta pengembangan dirinya.
- Selalu terbuka atas hal-hal yang mendorong kemajuan.
- Memahami secara menyeluruh para anggota tim yang dipimpinnya
dan mengembangkan komunikasi efektif di dalamnya.
source :
0 komentar:
Posting Komentar